Apa Pentingnya 5G di bandingkan 4G

Teknologi selular 5G sangat berguna untuk masa depan. Apa perbedaannya dengan 4G dan seperti apa manfaatnya bagi kehidupan kita?

Semakin berkembangnya dunia internet begitu pesat, salah satu yang hangat adalah teknologi 5G yang saat ini sering kita dengar. 5G ini adalah suatu terobosan baru generasi kelima yang dapat meningkatkan konektivitas dan transmisi data dalam penggunaan sehari-hari.

Network 5G ini diklaim memiliki speed download akan berkali-kali lipat lebih cepat daripada kecepatan internet 4G yang selama ini kita gunakan. Peningkatan transmisi data akan memberikan manfaat luar biasa tidak hanya untuk konsumen perorangan, namun termasuk pada banyak segmen industri yang menggunakan internet.

Sudah pasti teknologi internet 5G akan banyak memberikan manfaat untuk banyak aspek dalam kehidupan di masa kini dan yang akan datang.

Perbedaannya 5G vs 4G

Perbedaan teknologi 4G dan 5G yang pertama terdapat pada kecepatan jaringannya. Jaringan 4G hanya memiliki kecepatan 49-50 Mbps sedangkan jaringan 5G memiliki jaringan 100x kali lebih cepat hingga 10 Gbps!

Perbedaan kedua terdapat pada latensi. Dalam teknologi 5G, latensi atau ultra-reliable, low-latency connection (URLLC) akan sangat berkurang pada jaringan 5G sejak informasi atau media dikirim dan diterima.

Hal ini membuat pengunduhan dalam jaringan 5G akan lebih cepat daripada 4G. Standar Latensi ini sudah rendah dengan adanya 4G, tetapi 5G akan membuat latensi hampir nol.

Apa yang menjadi kelebihan teknologi 5G ?

Keunggulan teknologi 5G yang memiliki beragam manfaat untuk masa depan. Untuk kamu yang masih penasaran, simak keunggulan berikut ini

1. Latensi Lebih Rendah

Latensi merupakan jeda waktu yang dibutuhkan dalam penghantaran data dari pengirim ke penerima atau perangkat.

Semakin tinggi jeda waktu maka semakin lambat respons yang diberikan penerima atas perintah yang dikirim. Setiap generasi jaringan memiliki tujuan untuk mengurangi latensi.

Jaringan 5G memiliki latensi yang lebih rendah daripada 4G LTE, dengan transmisi yang sangat cepat yaitu kurang dari lima milidetik.

Latensi 5G akan lebih cepat daripada pemrosesan visual manusia, sehingga memungkinkan untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh hampir secara real-time.

Teknologi ini bermanfaat bagi banyak sektor pekerjaan, bisnis dan juga para gamer yang akan menikmati kecepatan tinggi dan kelambatan minimal sempurna untuk aplikasi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dengan koneksi yang mulus.

2. Koneksi Lebih Cepat

Setiap generasi jaringan memiliki spesifikasi kecepatan yang berbeda-beda begitu pula dengan 5G juga memiliki peningkatan yang signifikan yang melampaui 4G LTE. Kecepatan jaringan 5G mengalami peningkatan hingga 100x dibandingkan sinyal 4G, yaitu hingga 10 Gbps.

Peningkatan kecepatan 5G dapat membuat aktivitas yang dilakukan akan berlangsung lebih cepat dan lancar.

Anda bisa dengan mudahnya melakukan download film dengan resolusi tinggi pada kecepatan pengunduhan puncak akan berubah dari waktu tujuh menit menjadi hanya enam detik. Jaringan 5G merupakan alternatif yang kuat untuk koneksi broadband cepat.

3. Support Drone dan VR

Jaringan 5G dapat mengendalikan drone yang bermanfaat di berbagai sektor pekerjaan, seperti pertanian, pemetaan, hingga militer.

Dengan jaringan 5G yang stabil, petani bisa memantau lahannya dari jarak jauh yang gambarnya dapat dilihat dengan video beresolusi tinggi. VR pun akan lebih nyaman digunakan karena memiliki latency yang rendah sehingga bagus untuk gaming VR.

4. Internet Lebih Cepat

Selain karena latency yang lebih rendah maka teknologi ini akan dengan mudah sekali meningkatkan kecepatan internet antar interkoneksi di seluruh dunia. Selain itu 5G dapat menampung jumlah user lebih banyak , bisa untuk lokasi padat penduduk.

Nah, itulah keunggulan teknologi 5G dengan berbagai manfaat untuk berbagai sektor pekerjaan hingga mendukung smart city. Perkembangan teknologi yang pesat dalam 5G membuat semua pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah. Ingin berita lebih update no hoax? selalu pantau Komputer Internet