Definisi Hosting

Istilah hosting memiliki banyak definisi, yang di bahas di isini adalah hosting dalam lingkup website / blog dan dunia online .

Secara dasar definisi Hosting itu sendiri adalah sebuah tempat untuk menyimpan data berupa : file, gambar, coding , css, dan sejenisnya untuk di simpan secara online dan di publikasikan secara online, sehingga visitor dapat melihat data yang telah anda simpan.

Bagi yang sudah berpengalaman istilah hosting ini tidak akan menjadi masalah , namun bagi pemula , tentunya istilah HOSTING ini adalah istilah yg terasa asing .

Berdasarkan penjelasan di atas, tentunya hosting itu harus di beli di penyedia layanan hosting itu sendiri, sehingga anda harus order di penyedia layanan hosting yang ada saat ini , contoh penyedia layanan hosting dapat di cek di halaman :

Jadi dengan kita membeli layanan hosting , artinya kita sedang menyewa sebuah layanan lahan online yang kita gunakan untuk meletakkan data kita di server online dengan tujuan untuk kita publikasikan secara online dan global ke seluruh dunia.

Tanpa adanya Hosting , anda tidak dapat mempublikasikan website anda, sehingga bila anda ingin membuat blog atau website wajib dimiliki selain DOMAIN juga . Domain + hosting adalah satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan.

Sebuah website bisa online setelah beli domain , anda harus beli layanan hosting ini .

Hosting sendiri memiliki struktur yang komplek , tidak hanya sebagai tempat biasa, layanan hosting ini terdiri dari sebuah server yang diletakkan di Data Center dengan instalasi di dalamnya seperti : web server, database mysql/mariadb, PHP, modul PHP , system keamanan dsb . Jadi dengan membeli hosting anda menyewa di dalam server tersebut .

Jangka waktu menyewa hosting ini bervariasi , ada yang menjual bulanan ada juga yang menjual tahunan , dan memiliki kualitas yang berbeda2 pula , jgn sampai anda menyewa layanan hosting i penyedia abal-abal . Pilihlah penyedia hosting yang sudah terbukti kualitas, reputasinya di dunia online.