Teknologi AMD EPYC saat ini

amd epyc

Generasi terbaru processor AMD EPYC saat ini sedang naik daun di dunia online mengingat spesifikasi ini sangat luar biasa untuk digunakan sebagai cloud computing.

Prosesor EPYC membuat performa dan kinerja platform berjalan secara optimal untuk berbagai beban kerja HCI. Nilai lebih yang ditawarkan oleh AMD terhadap prosesor AMD EPYC adalah AMD EPYC menerapkan  architectural leadership pada prosesornya untuk membantu mencapai platform yang banyak dan memiliki performa yang lebih baik dan cepat sehingga hasil pemrosesan pun akan lebih cepat dan throughput yang meningkat tinggi di seluruh spektrum platform.

Hadirnya Processor AMD EPYC di Generasi Ketiga ini ditujukan untuk membantu HPC (High-performance computing), cloud, dan pelanggan enterprise melakukan lebih banyak, lebih cepat, dengan memberikan performa terbaik dari semua CPU server dengan instruksi 19% lebih banyak per clock.  Tentunya hasil akhir juga akan lebih efisien.

Bagi pelanggan HPC yang ingin melakukan lebih banyak simulasi dalam periode waktu tertentu, atau menggunakan kumpulan data yang lebih besar atau model yang lebih kompleks, AMD EPYC 7003 Series memungkinkan waktu yang lebih cepat untuk penemuan dengan lebih banyak I/O dan throughput memori. Ini ditambah dengan arsitektur Zen 3 yang bertenaga guna memberikan performa hingga dua kali lipat untuk beban kerja HPC dibandingkan dengan kompetitor .

Sementara untuk penyedia cloud yang membutuhkan compute density dan kemampuan keamanan, prosesor AMD EPYC 7003 Series menawarkan core density tertinggi, fitur keamanan tingkat lanjut, dan performa integer hingga 2X lipat dibandingkan dengan kompetitor.

Dengan semua kelebihan ini, Intel mengklaim prosesor ini memiliki peningkatan performa 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan  CPU Xeon saat ini. Mereka juga mengklaim Cascade Lake ini akan 3,4 kali lebih tinggi dibandingkan chip server AMD EPYC untuk tugas-tugas tertentu.

Sayang, prosesor ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 14nm. Hingga saat ini, Intel masih belum dapat memproduksi prosesor 10nm mereka. Pengguna harus menunggu hingga tahun depan karena saat ini mereka masih menyempurnakan teknologi tersebut.